Mau Beli Ruko Untuk Investasi? Simak Keuntungan dan Kerugiannya Berikut Ini

Ruko ( Rumah Toko) merupakan salah satu properti komersial yang saat ini banyak diminati sebagai sarana investasi. Ruko ini biasanya berupa rumah/bangunan tingkat 2 atau lebih, yang di lantai pertamanya dijadikan tempat usaha, perkantoran ( sementara ) dan untuk lantai kedua biasanya dijadikan sebagai tempat tinggal. Dan sepertinya, investasi di bidang ini sangat menjanjikan saat ini, karena selain bisa dimanfaatkan sendiri untuk membuka usaha, harga ruko mengalami peningkatan yang lumayan tinggi pertahunnya, terlebih jika posisinya strategis.

Keuntungan berinvestasi ruko 

  1. Peminat bisnis property ruko sangat tinggi 

Apabila anda memiliki ruko yang lokasi  nya sangat strategis atau terletak di pusat bisnis, maka dapat dipastikan bahwa ruko milik anda tidak akan pernah sepi oleh penyewa. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berlomba-lomba mencari ruko yang strategis lokasinya untuk dijadikan tempat usaha.

  1. Jangka waktu penyewaan biasanya lama 

Berbeda dengan rumah dan properti lainnya yang terkadang berjangka sewa pendek. Ruko biasanya akan disewakan dalam jangka waktu yang cukup lama sekitar 2-3 tahun. Hal ini dikarenakan bisnis atau usaha yang baru dijalankan dua tahun pastinya belum berkembang atau mendapat point tertentu sehingga biasanya para penyewa ruko akan memperpanjang masa sewa ruko anda.

  1. Return of investement cepat 

Tingkat pengembalian investasi ruko terbilang sangat cepat dibandingkan dengan rumah. Hal ini dikarenakan tingkat sewa ruko berkisar 6-9 % dari harga ruko. Dengan begitu tingkat pengembalian investasi ruko bisa lebih cepat. Apalagi untuk ruko yang lokasi nya berada di dekat keramaian/strategis, pastinya  memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Kerugian investasi ruko

Walaupun memiliki banyak keuntungan, tentunya tidak ada bisnis yang tidak memiliki kerugian sama sekali, begitupun dengan investasi ruko. Nah, berikut adalah beberapa kerugian yang anda harus waspadai apabila ingin berinvestasi ruko.

  1. Sensitive pada kondisi pasar 

Karena sebagian besar umumnya ruko dijadikan sebagai tempat bisnis dan usaha maka seringkali ruko akan sensitif pada kondisi pasar yang terjadi saat tersebut. Apabila kondisi pasar cukup baik, maka pemilik bisnis akan berlomba-lomba menyewa dengan harga yang cukup tinggi. Namun apabila kondisi pasar saat itu menurun, maka bisa jadi harga sewa ruko ikut menurun dan bahkan penyewa ruko bisa pergi dan tidak menyewa ruko itu kembali.

  1. Tergantung dari lokasi 

Tentunya ruko berbeda dengan rumah untuk tempat tinggal. Fungsi ruko ditujukan sebagai lahan bisnis dan usaha. Sehingga pemilihan lokasi ruko sangat berpengaruh dalam penjualan. Ruko harus berada pada lokasi yang strategis ataupun berada di pusat keramaian dan pusat bisnis. Dengan begitu, ruko anda tidak akan pernah sepi penyewa. Namun apabila anda salah dalam memilih lokasi ruko, maka dipastikan ruko anda akan  memiliki harga sewa yang murah dan sepi dari penyewa bahkan dapat menyebabkan kerugian bagi anda.

Semoga dengan penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian diatas dapat anda jadikan referensi/pertimbangan saat akan memutuskan berinvestasi pada suatu ruko. Dan jika berniat untuk berinvestasi, pastikan memilih ruko dengan lokasi yang tepat dan strategis. Karena lokasi merupakan poin utama dari sebuah investasi properti baik itu tanah maupun bangunan. Dan bagi anda para pemula, idealnya anda mengkonsultasikannya terlebih dulu dengan agen-agen property yang memiliki kredibilitas yang baik sehingga dapat membantu anda memilih ruko terbaik yang menguntungkan. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi..

 


Share/Bookmark this!

Add comment