7 Hal yang Membuat Pulsa HP Anda Cepat Habis

Siapa pun pasti akan merasa kesal jika mendapati pulsa HP yang baru saja diisi ternyata cepat sekali habis. Kondisi ini mungkin sering membuat Anda bertanya-tanya apa sebenarnya yang menyebabkan pulsa cepat habis padahal Anda tidak merasa telah menggunakan pulsa tersebut. Terkadang, berkurangnya pulsa bisa terjadi akibat kelalaian penggunanya atau memang masalah dari smartphone itu sendiri. Agar tidak penasaran, langsung saja kita simak apa yang menjadi penyebab pulsa hp Anda cepat habis.

Dari banyaknya alasan yang mungkin bisa menyedot pulsa, akan dijelaskan setidaknya tujuh alasan yang paling umum dari para pengguna smartphone. Untuk menjaga pulsa Anda pada batas pemakaian normal, pastikan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Berlangganan Fitur SMS Bertarif

Pernahkah Anda mendapatkan SMS dari operator ‘entah apa’ yang isinya adalah info game, film, dan lainnya? Selang beberapa detik sms ini masuk, pulsa Anda kemudian akan berkurang, entah itu Rp2000 atau bisa lebih. Anda mungkin sering tidak sadar telah berlangganan SMS semacam ini. Akan tetapi, masuknya SMS tersebut tentu akan terus menguras pulsa Anda. Tips untuk berhenti dari fitur SMS yang menyedot pulsa ini adalah dengan membalas SMS tersebut. Ketikkan “UNREG” atau “STOP”. Nantinya akan muncul perintah yang benar untuk berhenti berlangganan. Ikuti saja perintah tersebut.

  1. Berlangganan RBT

RBT atau Ring Back Tone adalah sebuah nada tunggu yang akan terdengar oleh si penelepon ketika si pemilik HP tidak segera menjawab telponnya. Beberapa operator telpon memang sering menggratiskan fitur RBT ini. Namun, pada kenyataannya fitur RBT gratis ini hanya berlaku beberapa hari saja. Setelah itu, RBT yang masih aktif akan menyedot pulsa Anda di hari berikutnya untuk memperpanjang masa aktif RBT. Pastikan Anda tidak berlangganan RBT agar pulsa Anda tidak cepat habis.

  1. Sering Telponan

Dua penyebab yang dijelaskan di atas memang bisa digolongkan sebagai penyebab pulsa habis yang tidak disadari. Akan tetapi, penyebab yang ketiga ini adalah kesalahan si pengguna sendiri. Sering telponan tentu akan menguras habis pulsa Anda.

  1. Streaming Youtube

Beberapa orang sangat senang menonton video secara online. Padahal, aktivitas ini dapat memakan kuota sangat banyak. Tanpa disadari, kuota pun akan cepat habis. Setelah kuota habis, tak ada jalan lain selain memakan pulsa Anda. Parahnya lagi, terkadang operator pulsa telat memberikan info bahwa kuota sudah habis sehingga menyebabkan pulsa Anda pun terkuras habis.

  1. Main Game Online

Sama seperti ketika Anda melihat video di Youtube, game online juga dapat menyedot kuota internet dalam jumlah yang besar. Jika tidak ingin kuota internet dan juga pulsa cepat habis, Anda perlu mengontrol kebiasaan Anda dalam bermain game. Pastikan Anda bermain game hanya ketika memakai jaringan wi-fi saja.

  1. Sering Melakukan Tethering

Berbagi kuota atau tethering baik untuk PC maupun untuk smartphone lain tentunya dapat menyedot kuota. Pastikan kuota internet Anda cukup banyak saat hendak melakukan tethering karena jika tidak, pulsa Anda akan menjadi korbannya.

  1. Sering Membuka Media Sosial

Tak bisa dipungkiri bahwa manusia modern abad ini sangat bergantung dengan media sosial. Beberapa media sosial seperti Path, Instagram, Facebook, ternyata sangat banyak menyedot kuota internet. Untuk itu, pastikan Anda memainkan media sosial Anda secara wajar.

Demikian adalah tujuh penyebab yang paling mungkin bisa menguras pulsa Anda. Semoga info ini bermanfaat!

 


Share/Bookmark this!

Add comment